feisty fawn

akhirnya sukses install feisty fawn, tapi bedanya apa yah? hehehe gak tau gue. tapi yang jelas, stock sofwarenya lebih banyak daripada edgy.
feisty menyediakan paket beryl untuk 3d desktopnya. sempet penasaran pengen tau gimana sih desktop 3d dilinux. gue mengenal 3d desktop dari mandriva 2007, tapi sayang gak bisa diinstall di pc gue karena gak cocok sama monitornya. pada saat gue pake mandriva, ada kolom hitam panjang di sisi kanan monitor sehingga mengganggu pemandangan. setelah install beryl, langsung berasa efek nya, desktop terlihat seperti ager-ager. mulanya terlihat keren, tapi lama-lama membuat mata sakit dan baru ketauan kalo membuat crash vlc (player video favorit nih). setiap kita me maximize atau meminimize, windownya bergetar-getar, tulisannya pun otomatis tidak bisa langsung terbaca, butuh waktu sampe windownya tenang baru bisa dibaca. inilah yang menyebabkan sakit mata. ya sudah, akhirnya beryl nya di non aktifkan saja deh
oh iya gue mau kasih tutorial untuk upgrade ubuntu nih, karena menurut gue agak ngejelimet juga sih. pertama pergi ke system> administrations > update manager.
dari situ akan ketauan kalo ada versi yang baru, pilih update.
konyolnya, setelah kita menjalankan perintah update, akan ada error message “authentication failed” saat error ini muncul, buka terminal, dan jalankan perintah “gpg” (tanpa tanda kutip tentunya)
selesai dengan ini jalankan lagi perintah update, bedanya kali ini tidak akan muncul error message. lanjut saja, sampai masalah baru muncul.
dia akan bilang can connect to edgy repository
nah disini kita mesti update file sources.list yang terletak di /etc/apt/sources.list
untuk edit gunakan saja perintah editor di terminal, gue lebih suka pake nano, jadi perintahnya:
sudo nano /etc/apt/sources.list
cari di line yang paling bawah, dan ganti kata edgy dengan feisty.
ulangi perintah update, matikan monitor, dan tinggal tidur, makan, eek, mandi, dll karena pengalaman gue, downloadnya butuh waktu 24 jam an (kecuali koneksi internetnya kenceng).
selesai deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: