ubuntu vs opensuse

setelah crashnya ubuntu, gue pun mendownload dan menginstall opensuse. proses installnya mudah sekali, cuman next, next eh udah ke install. sistem repository opensuse pun bagus, banyak pilihan softwarenya. semua berjalan dengan baik, kecuali ….
pada saat install install bittornado, gue gak bisa masukin program ini dalam open list (atau belum tau caranya?). bermula dari sini, gue menemukan kesulitan yang lain. file browsernya tidak semudah ubuntu. semula gue berfikir, kalo sistem xwindowsnya sama-sama menggunakan gnome, maka handlingnya kurang lebih sama, ternyata gue keliru.
perubahan view (dari thumbnail ke detail list) pada file browser harus dilakukan di menu view, tidak ada shortcut iconnya. sistem navigasi ke aplikasi juga berbeda. dia hanya menyediakan sedikit daftar dari program yang menjadi favorit. untuk meng akses program keseluruhan kita harus meng klik beberapa kali. menurut gue ini merepotkan.
akhirnya gue putuskan untuk install ubuntu lagi😛
sekarang pake ubuntu gutsy gibbon.

Leave a Reply

