flickr vc picasaweb

rusaknya ubuntu gue pada beberapa bulan yang lalu membuat gue kehilangan banyak foto yang disimpan di linux. sangat sial gue lupa memback up foto-foto ini ketempat yang aman. tidak mau kejadian ini terulang, gue putuskan untuk membackup semua foto secara online.
banyak site yang menawarkan fasilitas ini, tapi gue hanya membandingkan 2 site foto online yang ditawarkan oleh 2 perusahaan search engine besar yakni google dan yahoo.
google datang dengan picasaweb, sedangkan yahoo dengan flickr. keduanya memiliki space yang cukup besar. picasaweb memiliki ruang sebanyak 1 gb, sedangkan flickr tak terbatas. flickr hanya membatasi bandwith upload foto sebesar 100 mb perbulan.
upload foto untuk keduanyapun mudah, kita tinggal download aplikasinya, pilih gambar yang akan di upload, send. semudah itu. jika kita menggunakan windows hehehe.
upload gambar akan menjadi sesuatu yang menyebalkan jika menggunakan linux, sebab gambar harus di upload satu persatu melalui web based application. walah.
untunglah ada mbah google. gue coba cari program 3rd party yang bisa melakukan upload ke kedua site foto tersebut, dan ketemulah … flickr uploader. program ini sudah ada di repositorinya ubuntu, jadi tinggal install. flickr uploader hanya bisa bekerja dengan firefox browser. dia akan membuka browser untuk login ke account flickr, setelah itu kita tinggal memilih gambar mana saja yang akan di upload, dan upload. simple.
dari hasil ini gue putuskan untuk menggunakan flickr.

Leave a Reply

