share wlan

gue berinisiatif untuk membagi koneksi internet ke tetangga sebelah rumah kerena jarang digunakan, dan yang jelas bisa untuk menghemat pengeluaran. rumahnya benar-benar terletak disamping rumah gue, hanya dipisahkan oleh tembok.
berbekal asumsi jika wlan ini memiliki daya sebar sejauh 100 m, gue yakin kalo si tetangga bakal mendapat sinyal yang kuat. pengujian pun dilakukan dengan membawa laptop kerumahnya, dan ternyata …. walaupun masih kedeteksi, tapi sinyalnya lemah sekali, dan tidak bisa digunakan untuk tergabung dengan wlan tersebut. weleh, jadi tembok punya andil besar dalam mengurangi daya pancar wlan.
solusi dicari, dan didapat kesimpulan untuk menggeser wireless router untuk lebih dekat ke rumah sebelah. sebelumnya, router ini terletak kurang lebih di tengah rumah gue, dan setelah digeser, sinyal dapat lebih kuat dan bisa digunakan untuk membagi bandwith internet.
Hal ini sekaligus menjawab pertanyaan dari tukang pin yang bertanya pada tulisan gue sebelumnya tentang membuat wlan dirumah. dengan sistem yang gue bangun tidak bisa diharapkan untuk lebih dari 2 rumah, kecuali mungkin mengganti antenanya dengan antena outdoor yang memiliki daya pancar yang lebih besar.

Leave a Reply

