d-link dir-300 vs linksys wrh54g

akhirnya gue putuskan untuk membuat hotspot dirumah gue sendiri karena dapet lungsuran laptop acer jadul yang perlu ditambah wireless usb adapter untuk menerima sinyal. sebelumnya gue pasang hotspot dirumah bokap dengan menggunakan d-link dir-300, sedangkan untuk rumah gue sendiri gue pilih linksys wrh54g.
alasan sebenarnya adalah karena di bekasi cyber park gue cuman nemu 2 merek, yaitu netgear & linksys, dan seperti biasa, keputusan untuk memilih berdasarkan harga yang paling murah😛 . wrh54g ini gue beli seharga rp. 400k , cukup murah mengingat sodara gue beli unit yang sama di ambasador kuningan seharga rp. 465k (hidup bekasi !)
instalasinya lebih gampang, dan tidak memerlukan os windows. settingan bisa dilakukan lewat linux karena dilakukan secara web based. tinggal ketik alamat router 192.168.1.1 di browser, dan kita pun dibawa ke setting lebih lanjut. instalasi kabel jaringan sama aja dengan d-link, sayangnya kabel utp bawaan dari wrh45g panjangnya cuman 60 cm (pelit amat yah)
kekuatan signal lumayan, karena bisa menjangkau ruang tidur yang lumayan tertutup (pengukuran signal hanya berdasarkan perasaan aja soalnya gue enggak punya alatnya).
wrh54g secara perasaan gue lebih bagus dibanding dir-300, soalnya udah gue pake selama sebulan enggak pernah hang. dir-300 kadang ada aja hangnya, walaupun tidak sering, tapi lumayan mengganggu karena minta direstart. cara restartntya pun harus urutan menghidupkan antara modem dan router. modem hidup dulu, setelah beberapa detik baru router dihidupkan. keliru urutan kadang enggak mau berfungsi. wrh45 bisa langsung berfungsi dengan menyalakan modem dan router bersamaan. hal ini sangat berpengaruh jika terjadi mati listrik, pada saat listrik hidup kembali, wrh45g bisa langsung on, sedangkan dir-300 belum tentu.

Tags: , , , , ,

19 Responses to “d-link dir-300 vs linksys wrh54g”

  1. yoga Says:

    belinya wrh54 bekasi tu mana ya????
    soale di di depok gundar, wrt54g2 dijualnya mentok 610 rb…
    jauh bedanya ya….

  2. kadalbego Says:

    wah selisihnya banyak banget.
    gue dulu beli di cyber park bekasi, sebelahnya MM (dulunya hero supermarket). tokonya ada di lantai yang paling atas. lupa sih nama tokonya, tapi tanya-tanya aja, gak banyak kok tokonya.

  3. Eru Says:

    Bener lho, saya pasang DIR-300 di rumah sering ngehang. Padahal saya lagi nggak tinggal di rumah, jadi deh sering diteleponin kalau mati..

    Owww, jadi harus restart modem dulu, baru routernya ya? Wah, makasih infonya, nanti saya coba..😀

  4. Jono Says:

    G pake dir-300 aman2 saja, ga pernah hang, nyala 24×7 dan akses ke internet kamera dibelakangnya trus menerus dr aplikasi di lokasi lain😀, mungkin firmwarenya aja kali yg perlu diupgrade, coba download ke versi 1.05 disini http://dtrack0.dlink.com.tw/temp/case/DGC20081009000001/2/1/dir300_v1.05_B02(1013112927).zip
    G dapet link itu dr temen g.

  5. Anton Says:

    Halo, bisa coba link ini, ini ada di IIX, jd lebih cepat downloadnya : http://support.dlink.co.id/firmware/dir300_v1.05_B02.rar

  6. kadalbego Says:

    thanks buat infonya, gue udah coba update, kalo ada perkembangan akan gue comment disini

  7. audi-probolinggo Says:

    wah, thx infonya.
    tapi kenapa selalu ditawarin dir 300 ama penjualnya?
    aku juga mau setting buat d rmh sodara.

  8. dewo Says:

    saya pake di3r-300 fw. 1.03 ,jam terbang 24/7 ga ada masalah.

  9. tom Says:

    untuk sinyal bagusan mana ya? linksys apa dlink?
    trs itu beli nya di depan MM ya? wah murah tuh, nama toko nya apa mas?

    thanks

  10. unyil Says:

    aloo, saya baru di beri router linksys WRH54G oleh teman tetapi saya memiliki kendala pada pengaturannya. pertama saya pasang router ini saya langsung buka router setting di 192.168.1.1 dengan maksud untuk setting IP agar tidak DHCP, tetapi kendala saya adalah pada username dan password pada router ini. lalu saya baca router default setting pada router ini yang tertuliskan:
    Router Default Setting:
    1.IP: 192.168.1.1
    2.username: (leave it blank)
    3.Password: admin

    saya sudah mencoba seperti yang tertulis di atas tetapi tetap tidak dapat masuk ke dalam pengaturan router. lalu saya pikir mungkin username dan password telah di rubah oleh teman saya. langsung saja saya tekan tombol reset yg ada di router, tetapi ini tidak merubah keadaan😦 lalu saya telp teman saya dengan maksud menanyakan username dan password router ini, teman saya bilang dia tidak melakukan perubahan dan tidak pernah melakukan pengaturan pada router ini.
    saya mohon petunjuknya untuk menyelesaikan masalah saya ini… terima kasih

  11. rabun007 Says:

    @unyil
    sudah coba kebalikannya belum? untuk login ke router setahu saya usernamenya yg admin dan passwordnya dikosongkan saja

  12. a7h0yz Says:

    kk mw tanya dun gw kan dah bli router WRH54G koneksi k lapto maupun k pc dah nyambung dah bsa ping tpi ko k internet ga bsa yah???DHCP na down terus knp yah?need help dun…

    makasih yah…^^

  13. Ekoloyo Says:

    reset dulu .. browser ke ip 192.168.0.1 atw 192.168.1.1 , jangan lupa lo rbuah ip kompi jika lo broser 192.168.0.1 lo ip kompi lo 192.168.0.2 – 100, terserah 192.168.1.1 lo ip kompi lo 192.168.1.2 – 100, terserah
    coba lo login : admin password admin,login : admin password kosongin atauw sebaliknya, Semoga membantu

  14. robz Says:

    mas mw tnya dunk…saya make speedy drmh n mw make router wireless WRH54G…kira2 konfigurasinya gmn yah???soalna saya coba tpi ga bsa konek k internet…mohon bantuannya
    makasih…

  15. anggun Says:

    aloo, saya baru di beri router linksys WRH54G oleh teman tetapi saya memiliki kendala pada pengaturannya. pertama saya pasang router ini saya langsung buka router setting di 192.168.1.1 dengan maksud untuk setting IP agar tidak DHCP, tetapi kendala saya adalah pada username dan password pada router ini. lalu saya baca router default setting pada router ini yang tertuliskan:
    Router Default Setting:
    1.IP: 192.168.1.1
    2.username: (leave it blank)
    3.Password: admin

    saya sudah mencoba seperti yang tertulis di atas tetapi tetap tidak dapat masuk ke dalam pengaturan router. lalu saya pikir mungkin username dan password telah di rubah oleh teman saya. langsung saja saya tekan tombol reset yg ada di router, tetapi ini tidak merubah keadaan😦 lalu saya telp teman saya dengan maksud menanyakan username dan password router ini, teman saya bilang dia tidak melakukan perubahan dan tidak pernah melakukan pengaturan pada router ini.
    saya mohon petunjuknya untuk menyelesaikan masalah saya ini… terima kasih. saya sudah mencobanya tetapi belum bs juga !! harus gman dong?

  16. raditya Says:

    gimana cara reset pasword Log in to the router karena lama tidak saya pake jadi lupa
    merk router nya D-link DIR-300

  17. andi Says:

    mohon pencerahan..
    alat ini (dan wireless router yg lain dgn port yg sama) bisa dipake untuk share internet & data untuk kasus seperti ini ga’..
    -ada 3 kmputer, kompi 1 terhubung internet dengan modem USB (tidak pake modem ADSL/speddy/ISP), kemudian akan dishare net & data-nya ke kompi 2-3.. bisa ga’..? dan gimana instalasinya..?

  18. wong Pati Says:

    Gw pengen bikin hotspot di komplek gw, kira2 yang sampai radius 5 km. Apa saja yang diperlukan dan kira2 butuh dana berapa?

    Terimakasih sebelumnya buat tmn-tmn semua….

Leave a Reply

