buy when there is blood on the streets

sudah beberapa hari belakangan ini index bursa indonesia anjlog. satu tahun terakhir ini, ihsg tertinggi bertengger di 2.838 dan titik terendahnya 1.592, atau turun 42%. sebenarnya penurunan sudah mulai berasa pada akhir pebruari 2008, namun index sempat rebound ke level yang lumayan. penurunan paling tajam baru terjadi diawal september 2008.
penurunan yang sangat tajam, sehingga banyak orang yang tidak sempat melakukan cut loss. penurunan ini disinyalir karena perlemahan sektor keuangan di amerika serikat, yang membuat beberapa perusahaan hedge fund besar bangkrut.
kebangkrutan perusahaan tersebut yang memicu aksi jual saham secara besar-besaran dibeberapa bursa dunia untuk memperoleh dana segar, akibatnya harga saham pun turun dengan cepat. penurunan yang cepat ini membuat pemegang saham yang lain ikutan latah menjual sahamnya, padahal secara fundamental, laju perusahaan-perusahaan dibursa tidaklah buruk. banyak perusahaan yang membukukan kenaikan keuntungan malah harga sahamnya merosot jauh. memang beberapa perusahaan pertambangan mengalami penurunan pendapatan (hanya penurunan pendapatan bukan berarti rugi) karena harga komoditas yang juga terus turun, namun secara umum perusahaan tersebut masih memiliki keuntungan yang besar. secara fundamental, saat ini adalah saat yang tepat untuk menambah portfolio saham karena harganya yang relatif murah, namun bayang-bayang resesi global pun masih menghantui mayoritas invenstor.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: