rapidleech, download manager untuk rapidshare

bagi penggemar download, pasti sudah mengenal rapidshare.com . website ini menawarkan hosting file gratis yang memungkinkan seseorang untuk menaruh file ukuran besar ke webserver agar orang lain dapat mengambilnya dengan mudah.
rapidshare membedakan cara mendownload untuk orang yang memiliki account premium (berlangganan) dengan orang yang tidak memiliki account. bagi yang memiliki account, download dari rapidshare tidak terlalu masalah karena cara download mirip dengan download biasa melalui website karena memiliki fasilitas untuk mendownload sekaligus beberapa file, mendapat kecepatan penuh, dapat menggunakan download manager dan dapat meneruskan download yang terputus. bagi yang tidak memiliki account proses mendownload file dari rapidshare agak berbeda jika dibandingkan dengan download file melalui website biasa.
free download di rapidshare kecepatannya dibatasi, tidak dapat melakukan beberapa download secara bersamaan, tidak dapat menggunakan download manager, dan tidak dapat meneruskan download yang terputus. kitadaknyamanan ini ditambah lagi dengan keharusan untuk meng”operator”i download. pengguna diharuskan memilih terlebih dahulu jenis layanan, menunggu hitung mundur hingga 60 detik, kemudian baru memperoleh link yang akan didownload. ketika free user ingin mendownload beberapa file, maka dia harus menunggu satu file selesai terlebih dahulu sebelum dapat mendownload file berikutnya dengan proses, memilih jenis layanan, menunggu 60 detik hingga muncul link untuk downlad. merepotkan bukan?
gue sebagai salah satu pengguna free account rapid pun merasa kerepotan, padahal gue punya internet tak terbatas yang disediakan oleh firstmedia. waktu gue habis untuk menunggu satu persatu download selesai untuk melanjutkan download yang lain, padahal inginnya memasukkan beberapa link sekaligus, matikan monitor, tidur, dan file-file yang didownload selesai dipagi hari.
bagaimana mengatasinya? setelah tanya sana sini sama pak de google, gue menemukan download manager untuk rapidshare! program ini diberi nama rapidleech. walau tidak benar-benar berlaku sebagai download manager, tapi setidaknya program ini mampu menggantikan gue sebagai “operator” download. dia dapat menjalankan secara otomatis daftar file yang akan didownload. rapidleech tidak dapat melanjutkan download yang terputus.
rapidleech adalah web based program yang dibuat dengan bahasa pemrograman php. jadi untuk menjalankan program ini memerlukan webserver. lho? jadi untuk menjalankan rapidleech kita perlu sewa webhosting? tidak perlu begitu. komputer dirumah kita pun bisa dijadikan webserver untuk keperluan pribadi. keliatannya rumit ya? hehehe enggak juga kok, gue akan coba jelaskan sedikit prosesnya.
silahkan download xammp dari website apachefriends.org . xammp adalah paket dari apache http server, php, dan beberapa program lainnya. rapidleech hanya memerlukan http server dan php. baca manualnya untuk instalasi, dan anda akan menjadikan pc anda menjadi webserver.
gue menyarankan untuk menggunakan rapidleech build 29. pada build ini script untuk autodownload sudah lebih baik. download rapidleec, dan extract dalam web folder and (sesuai dengan instalasi xammp). jalankan http://localhost/namafoldertempatrapidleech atau http://127.0.0.1/namafoldertempatrapidleech . perhatian bagi pengguna linux, diharuskan untuk me chmod 777 folder “file” didalam folder rapidleech. pilih autodownload, masukkan link-link yang akan didownload, dan jalankan. terkadang untuk mulai mendownload file berikutnya memerlukan waktu yang agak lama, biarkan saja, toh kita tidak usah mengawasinya. saat ini yang menghentikan download gue hanyalah router gue (dir300) yang sering hang.

Tags: , , , , , ,

4 Responses to “rapidleech, download manager untuk rapidshare”

  1. maop Says:

    teumasok na ide
    termasuk ada ide

  2. mikerobenics Says:

    Nice share! You can use this free rapidleech site too:

    http://www.onleech.net

  3. rin Says:

    kok keliatannya rumit ya.
    ada petunjuk tutorial yang lebih komplit ga?

  4. MyRapid Says:

    thanks,

    more trick and rapidleech server

    rapidleech-server.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: